Kembali Menulis Blog

Selamat pertengahan November!

Hari ini saya mulai mengisi blog lagi, setelah saya mengabaikan blog ini selama 2,5 tahun. Sudah banyak yang terjadi dalam hidup saya yang biasa-biasa saja ini. Ada beberapa kekecewaan dalam pekerjaan, tetapi juga banyak percikan keindahan yang membahagiakan, dalam kehidupan pribadi dan pertemanan. Itu sesuatu yang sangat saya syukuri.

indah   Perjalanan liburan adalah salah satu hal yang membahagiakan 😀 (Foto : Keiko Kobayashi)

Adalah teman saya, Mbak Haya Aliya Zaki yang membuat saya ingin menulis blog lagi. Suatu hari di bulan September, saya mengetahui dari FB, kalau ada acara Fun Blogging. Mbak Haya yang merupakan blogger menjadi salah satu pembicaranya. Saya ingin tahu tentang dunia blogger jadi saya mendaftar. Tak lupa, saya ajak teman baik saya untuk ikut serta. Saya jadi mendapat pencerahan, kalau menulis blog itu selain mengasyikkan, juga bisa mendatangkan rezeki.

Saya bukannya tidak tahu dunia blog. Di tahun 1997 saya sudah punya website. Teman yang sudah online dan suka cerita rakyat pasti ingat website saya di Geocities : Children’s Stories and Folktales from Indonesia. Di sana saya memajang cerita-cerita saya dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Saat itu menyenangkan, karena blog saya dikunjungi dan dibaca banyak orang dari berbagai negara. Saya mendapat banyak pesan dan beberapa di antaranya menjadi teman saya sampai sekarang.

Saya juga punya blog Rumah Riang, http://www.rumahriang.blogspot.com yang hanya saya pakai untuk melaporkan buku-buku yang saya sumbangkan untuk berbagai rumah baca. Buku-buku gratis yang saya terbitkan secara indie dan sumbangan sahabat-sahabat saya yang baik hati. Ah, saya jadi ingat program 3650 Buku untuk Anak-Anak Indonesia 2014-2015 harus tetap diurus. Ya, semoga saya bisa menyempatkan waktu dan menambah sukarelawan aktif. Amin.

Lain dulu, lain sekarang. Kesibukan di pekerjaan membuat saya “tenggelam” dan tidak terlalu memedulikan hiruk pikuk dunia blog dan social media yang maju pesat. Ya, walaupun saya juga punya account Facebook, Twitter, Instagram, Blogspot, dan blog tempat saya menulis ini. Namun saya tidak memaksimalkan semuanya. Selain kekurangan waktu luang dan rasa malas, mungkin karena saya bukan orang yang terlalu terbuka di dunia maya ini. Kalau saya merasa sedih atau sakit, saya pasti tidak akan menceritakannya di social media. Kalau saya mendapatkan kebahagiaan pun tidak semuanya saya posting di social media.

Inginkah saya seperti Mbak Haya, Mbak Ani, dan Mbak Shinta yang merupakan para blogger sukses? Tentu saja! Namun tidak ada yang instan. Saya tahu, semuanya perlu ketekunan, kesabaran, dan perjuangan. Sebagai langkah pertama adalah membiasakan menulis terlebih dahulu dan terus belajar. Saya percaya, hal-hal baik lainnya akan menyusul kemudian (Renny Yaniar, 14/11/14)

Advertisements

About rennyyaniar

Children's Book Author - Journalist - Copywriter - Painter - Illustrator
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Kembali Menulis Blog

  1. Shinta says:

    Selamat datang kembali ya mba di dunia blogging 😀
    kangen ada cerita rakyat lagi di blog ^^

  2. Mbak Renny yang baik hati, saya selalu mengagumi Mbak. Dari dulu. Kekaguman saya ga pernah berkurang, malah kian bertambah aja. 🙂 Saya belum apa-apa, Mbak. 🙂 Makasih udah jadi bagian dari keluarga Fun Blogging. Mari kita terus, terus, dan terus belajar. Selamat datang (kembali) di dunia blogging. ^^ *peluk erat Mbak Renny*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s